Alam ini dideskripsikan oleh Fisika!

Belajar fisika bareng ISENG Belajar
Belajar fisika bareng ISENG Belajar

Mungkin cukup menarik untuk dipertanyakan, mengapa sih fisika ada di dunia ini, dan mengapa harus lahir fisika? Menurut pandangan saya, saya melihatnya cukup sederhana, karena dunia ini ada dan nyata. Dunia yang bekerja dengan perilaku tertentu bisa jadi membawa ketertarikan seseorang untuk mengamatinya dan berusaha untuk mendeskripsikannya.

Alam yang begitu penuh misteri dengan fenomena-fenomena yang ditunjukkannya, telah menghasilkan banyak ilmuwan selama beratus-ratus tahun, mungkin saja lebih. Setiap orang yang ada di dunia saya anggap merupakan seorang ilmuwan untuk dirinya sendiri, karena kita sejatinya paham mengenai perilaku di alam ini.

Contoh yang paling sederhananya adalah ketika kita melakukan gerakkan meloncat, kaki kita yang terasa sakit yang mungkin bisa fatal akibatnya apabila tidak menekuknya saat mendarat, sebenarnya kita telah setuju bahwa perubahan impuls yang sebentar akan menghasilkan gaya yang begitu besar.

Kemudian yang lebih sederhananya lagi, kita semua sepakat bahwa benda yang jatuh pasti arahnya ke bawah ya gak? Secara tidak langsung kita telah menyadari bagaimana alam ini bekerja, hanya saja keterbatasan kita untuk mendeskripsikannya lebih lanjut sehingga tidak semua orang dapat menuangkannya kedalam sebuah hukum.

Kok fisika banyak yang gak suka?

Yang perlu ditekankan pertama adalah benci dan tidak suka itu beda ya, dan saya kali ini bakal ngomongin mengapa fisika kurang digemari. Saya mempunyai dua wajah pada kondisi ini, pandangan yang pertama saya melihat bahwa tidaklah penting seberapa banyak orang yang gemar fisika, asalkan mereka dapat mempelajarinya dengan baik (bukan hafal rumus).

Tapi disisi lain, sangatlah bagus apabila banyak orang yang gemar dengan fisika mengingat sebuah ide yang cemerlang tidak lah mengenal status seseorang, tua dan muda, wanita dan pria, miskin dan kaya, semuanya bisa menghasilkan pandangan-pandgangan yang baru ke dalam dunia fisika.

Oke kita balik lagi, pertanyaan mengapa fisika kurang digemari mungkin kurang tepat, karena saya melihatnya seolah-olah fisika itu terasingkan. Mungkin perlu diluruskan terlebih dahulu, mengapa banyak orang yang kurang tertarik dengan fisika? Faktor yang pertama bisa lahir dari ketidaktahuan objektif kita saat mempelajarinya.

Tapi bukan berarti dengan dikasih tahu tujuan utamanya, terus penerapannya orang-orang jadi mau belajar fisika, belum tentu! Faktor yang paling kuatnya adalah minat seseorang yang berbeda, dan mungkin saya tidak akan lebih lanjut mengapa minat seseorang terhadap fisika tidak begitu banyak, karena saya rasa jawabannya akan sangat personal.

Sebelumnya juga saya mau minta maaf kalau bertanya seperti itu. Karena kesannya fisika itu di atas segalanya dan semua orang seakan-akan harus belajar subjek ini. Saya sama sekali tidak ada maksud seperti itu

Buat yang mau belajar aja

Buat kalian yang tertarik untuk belajar fisika bisa banget untuk baca-baca di artikel ini, silahkan dipilih jenjang kalian, tapi sejatinya bebas, buat siapapun yang mau belajar mau itu anak kuliah ataupun yang udah kerja.

Materi Fisika SMP dan SMA

Fisika IntiFisika Inti

Dalam konsep fisika inti kalian akan paham bahwa atom beserta isinya sudah mengalami perubahan berkali-kali, dan hingga akhirnya sepakat untuk menggunakan model kuantum.

Lintang ErlanggaJanuary 20th, 2021
Konsep dan Fenomena KuantumKonsep dan Fenomena Kuantum

Dunia yang selalu berkaitan dengan sifatnya yang kontinyu, memiliki sifat diskrit juga, sifat tersebut berkaitan dengan energi partikel-partikel yang menyusun alam semesta ini.

Lintang ErlanggaJanuary 19th, 2021
Teori Relativitas KhususTeori Relativitas Khusus

Sadar gak kalau pengamatan suatu kejadian memiliki pewaktuan yang berbeda pada tiap pengamat yang berbeda, meskipun dalam nanosekon, semua ini ada, meskipun tidak masuk akal.

Lintang ErlanggaJanuary 18th, 2021
Perubahan IklimPerubahan Iklim

Dengan belajar perubahan iklim berupa bahaya serta penyebabnya, harapannya kita semua paham akan dampaknya yang sangat merugikan.

Lintang ErlanggaJune 11th, 2021
Konsep KemagnetanKonsep Kemagnetan

Fenomena magnet ataupun listrik merupakan konsep yang berbeda namun keduanya sama-sama dapat memberikan gaya tanpa adanya sentuhan, lalu apa perbedaanya?

Lintang ErlanggaFebruary 27th, 2021
Rangkaian ListrikRangkaian Listrik

Seluruh peralatan elektronik yang canggih pada dasarnya berlandaskan konsep rangkaian listrik, konsep ini salah satu cara untuk memanfaatkan fenomena kelistrikan.

Lintang ErlanggaFebruary 26th, 2021
Search icon