Materi Fisika SMP

"Saya dapat menghitung gerak benda-benda angkasa, namun tidak untuk amarah seseorang."
Isaac Newton

Perubahan IklimPerubahan Iklim

Dengan belajar perubahan iklim berupa bahaya serta penyebabnya, harapannya kita semua paham akan dampaknya yang sangat merugikan.

Lintang ErlanggaJune 11th, 2021
Konsep KemagnetanKonsep Kemagnetan

Fenomena magnet ataupun listrik merupakan konsep yang berbeda namun keduanya sama-sama dapat memberikan gaya tanpa adanya sentuhan, lalu apa perbedaanya?

Lintang ErlanggaFebruary 27th, 2021
Rangkaian ListrikRangkaian Listrik

Seluruh peralatan elektronik yang canggih pada dasarnya berlandaskan konsep rangkaian listrik, konsep ini salah satu cara untuk memanfaatkan fenomena kelistrikan.

Lintang ErlanggaFebruary 26th, 2021
Listrik StatisListrik Statis

Pada fenomena listrik statis, benda yang tidak bersentuhan namun bisa memberikan gaya. Seperti pada penggaris yang digosokkan ke rambut kemudian menarik potongan kertas.

Lintang ErlanggaFebruary 26th, 2021
Konsep CahayaKonsep Cahaya

Dengan mempelajari konsep cahaya, dapat dipahami sifat-sifat cahaya sehingga dapat diketahui penyebab kelainan mata pada seseorang, yaitu rabun.

Lintang ErlanggaFebruary 25th, 2021
Getaran, Gelombang, dan BunyiGetaran, Gelombang, dan Bunyi

Konsep dasar getaran menjadi fondasi pada fenomena fisika lainnya, yaitu gelombang. Dan gelombang merupakan dasar untuk memepelajari fenomena lainnya, salah satunya bunyi.

Lintang ErlanggaFebruary 25th, 2021
Pesawat SederhanaPesawat Sederhana

Dengan konsep pesawat sederhana, dapat dilakukan upaya yang lebih sedikit untuk memindahkan barang yang bobotnya besar. Konsep usaha dan torsi sangat bermain peran di sini.

Lintang ErlanggaFebruary 24th, 2021
Gerak dan GayaGerak dan Gaya

Apa ciri-ciri benda bergerak? Jawabannya sederhana, benda mengalami perubahan posisi dalam interval waktu tertentu. Hal apa yang menyebabkan benda bergerak? Jawabannya gaya.

Lintang ErlanggaFebruary 24th, 2021
Tata SuryaTata Surya

Bumi yang besar merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar, yaitu sistem tata surya. Sistem ini mendeskripsikan bumi dan planet lainnya mengitari matahari.

Lintang ErlanggaFebruary 23rd, 2021
Energi Dalam KehidupanEnergi Dalam Kehidupan

Konsep energi membantu menjelaskan kondisi-kondisi di alam, seperti benda bergerak, gejala panas, dan kelistrikan. Energi tidak bisa dilihat namun bisa dirasakan manfaatnya.

Lintang ErlanggaFebruary 23rd, 2021
Kalor dan PerpindahannyaKalor dan Perpindahannya

Panas itu wujudnya seperti apa ya? Konsep mengenai kalor akan menjawb. Konsep tersebut juga akan membahas bagaimana karakteristik perpindahan energi panas atau kalor.

Lintang ErlanggaFebruary 22nd, 2021
Suhu dan PerubahannyaSuhu dan Perubahannya

Dengan konsep suhu dan perubahannya, bisa didapat informasi mengenai panas atau dingin lebih konkrit, karena dapat direpresentasikan secara angka.

Lintang ErlanggaFebruary 22nd, 2021
Search icon