Sedikit Obrolan Tentang Persiapan Tes UTBK dan SIMAK UI

Belajar ujian masuk bareng ISENG Belajar
Belajar ujian masuk bareng ISENG Belajar

Tim ISENG yang merupakan alumni dari peserta SBMPTN 2016, sudah mengikuti perkembangan terkait ujian tulis ini dari tahun 2015. Tiap tahunnya jumlah pendaftar selalu lebih dari 500.000 peserta, dan selalu meningkat tiap tahunnya dan sempat turun di tahun 2020 (mungkin karena pandemi).

Dalam kondisi ideal tanpa ada faktor luar lainnya, cara yang pertama untuk lolos ujian tulis ini adalah belajar, yang kedua adalah belajar, kemudian yang ketiga belajar, dan yang terakhir adalah berdoa. Tidak ada cara lain yang perlu kalian lakukan untuk menempuh ujian ini, jika semuanya ideal.

Saya pernah membahas mengenai, kenapa terdapat banyak banget tips dan trik supaya lolos UTBK-SBMPTN ataupun ujian tulis lainnya di blog saya yang berjudul, perlukah tips dan trik lolos UTBK-SBMTPN?.

Bagi beberapa orang mungkin ujian masuk menjadi sebuah kenangan perjuangan saat melalui masa-masa sulit itu, dan setiap orang punya caranya masing-masing untuk menempuh itu, mulai dari santai, super santai, santai tapi serius, ada yang belajar intens dari pagi, siang, dan malam, hingga ada yang menghabiskan jutaan rupiah demi ikut bimbingan.

Jangan memaksakan diri sendiri

Pilihlah cara sesuai dengan kemampuan kalian, jangan memaksakan diri anda sendiri. Ujian masuk perguruan tinggi itu bicara mental, gak hanya mengadu intelegensi seseorang, orang yang mempunyai kemampuan berpikir luar biasa pun jika panik mungkin bisa saja menjadi tidak optimal mengerjakannya saat hari-H tiba.

Satu poin lagi yang harus kalian ketahui, jangan jadikan kuliah hanya sebagai formalitas, pilihlah jurusan yang benar-benar kalian sukai dan minati, jangan sekedar mengambil jurusan karena persaingannya rendah. Pikirlah matang-matang kenapa harus memilih jurusan yang kalian tuju, apalagi hanya gara-gara ikut-ikutan temen.

Karena dampaknya gak main-main, bisa jadi kalian gak betah selama 4 tahun kedepan, bisa juga kalian jadinya buang-buang waktu selama 1 tahun kedepan karena ingin ujian tulis lagi, syukur-syukur kalau diterima.

Dan bicara target kampusnya, jadikanlah pilihan kalian karena memang benar-benar tertarik untuk belajar di sana, dan jangan sampai hanya semata wayang karena gengsi belaka. Setiap kampus mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saatnya belajar!

Oke karena inti dari segala inti untuk lolos tes masuk berupa ujian tulis adalah belajar, kami menyediakan beberapa bahan belajar kalian untuk menempuh medan yang akan kalian hadapi di waktu yang akan datang, selamat belajar.

Soal dan Pembahasan UTBK dan SIMAK UI

Pembahasan fisika KA-1 SIMAK UI 2018Fisika KA Paket 1 2018

Pembahasan soal Fisika Kemampuan IPA Paket 1 SIMAK UI 2018. Ayo jangan sampai terlamabat, persiapakan diri kalian dengan latihan soal-soal sebelumnya!

Lintang ErlanggaJune 25th, 2021
Pembahasan fisika KA SIMAK UI 2019Fisika KA 2019

Pembahasan soal Fisika Kemampuan IPA SIMAK UI 2019. Ayo jangan sampai terlamabat, persiapakan diri kalian dengan latihan soal-soal sebelumnya!

Lintang ErlanggaJune 15th, 2021
Pembahasan matematika KA SIMAK UI 2019Matematika KA 2019

Pembahasan soal Matematika Kemampuan IPA SIMAK UI 2019. Ayo jangan sampai terlamabat, persiapakan diri kalian dengan latihan soal-soal sebelumnya!

Lintang ErlanggaMarch 14th, 2021
Search icon