Saatnya mengenali diri anda untuk menghadapi UTBK!

Lintang Erlangga - March 15th, 2021

Perlunya tips dan trik menghadapi UTBK.
Tips dan trik menghadapi UTBK

Cukup menarik untuk diperbincangkan, kenapa sih banyak banget tips dan trik untuk lolos ujian masuk perguruan tinggi? Padahal kalau kita pikir ulang, sebenarnya cuman ada satu cara untuk lolos, yaitu belajar dan berdoa! Pahami konsepnya, perbanyak latihan soal, coba berdiskusi dengan teman-teman kalian, dan intinya semua itu proses pembelajaran, lantas kenapa kok banyak banget tips dan trik di luar sana yang ngebahas tentang ini?

Masa depan itu ghaib!

Hal pertama yang perlu diketahui yaitu kondisi dimana setiap rencana nampaknya tidak selalu berjalan mulus, misal nih kita udah nyiapin berbagai macam jadwal belajar, rencana-rencana materi yang ingin diulas, ngatur jadwal Try Out, dan sejenisnya pokoknya.

Gak bisa dipungkiri lagi kalau masa depan itu gak ada yang tahu, bisa aja tiba-tiba ada keperluan lain. Kondisi-kondisi macam kayak gini nih, yang ngebuat semuanya jadi berubah, nah pertanyaanya apakah kita perlu menyesal dengan situasi tersebut? Mungkin jawabannya terlihat klise, karena saya akan berkata bahwa “Kalian gak perlu nyesel!”.

Penyesalan mungkin saja tetap ada, mengingat waktu itu tidak bisa diputar kembali ya gak? Semuanya sudah terlanjut. Tapi pola berpikirnya bisa kita ubah sedikit, bagaimana kalau kita menganggap bahwa, karena kita tidak dapat mengulang masa lalu, untuk apa lagi kita berlarut-larut mikirin itu. Buang penyesalan itu dan mulailah dengan rencana-rencana yang baru.

Si Malas

Yang kedua ini gak kalah berpengaruh juga terhadap persiapan kita, yaitu rasa malas. Di sini saya coba beropini untuk memaparkan rasa malas ini, jadi mohon maaf kalau tidak begitu akurat dengan definisi yang ada, karena saya bukan ahli psikolog :).

Menurut pandangan saya, malas ini bisa dipengaruhi oleh tiga faktor (bukan generalisir ya), yang pertama fisik, bisa itu karena kelelahan, kemudian yang kedua, ketidakjelasan objektif kita, karena saya rasa target untuk lolos suatu perguruan tinggi saja tidaklah begitu krusial.

Dan yang ketiga, mohon maaf ya kalau kalian tersinggung, itu artinya kalian merupakan orang yang gak punya pendirian. Pendirian sendiri artiannya kurang lebih sebagai suatu sifat yang dimiliki seseorang untuk mempertahankan komitmennya, cobalah memprioritaskan waktu kalian untuk beberapa jam saja demi tercapainya keinginan kalian, masa tidak bisa?

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, kira-kira adakah solusi untuk mengatasi ini? Jawabannya sayangnya tidak ada, alasan yang paling kuatnya adalah jalan hidup seseorang itu berbeda-beda bro.

Gini aja deh contoh sederhananya, Elon Musk punya kata-kata bijak, terus kalian ikutin, selain itu beliau juga punya rencana kegiatan harian, terus kalian ikutin, dan bahkan kalian mengikutinya lebih dari itu. Pertanyaanya, apakah nasib anda akan seperti Elon Musk? Coba kalian jawab sendiri.

Secercah Harapan

Yang sangat mungkin saya berikan saat ini yakni hanyalah berupa saran, alias tips dan trik.

Kalau bicara faktor yang pertama, mungkin triknya cukup sederhana, kalian hanya perlu istirahat, jika sudah ngantuk tolong jangan paksakan lagi dengan ngopi dan sebagainya, pokoknya tidur! Obat ngantuk itu cuman tidur bro, gak ada yang lain.

Untuk faktor yang kedua, cobalah untuk melihat selangkah lebih maju lagi, kalian lolos jangan semata wayang hanya ingin menjadi mahasiswa pada universitas yang diinginkan, tapi bayangin kalian punya misi yang lebih besar lagi yang mana tidak mungkin dicapai hanya dengan bermalas-malasan. Misal kalian ingin kerja di suatu perusahaan A, B, C dan sebagainya, gak ada salahnya jika kalian ingin seperti itu.

Nah yang ketiga ini cukup ribet ya, dan menurut saya ini sangat-sangat bergantung dari faktor internal. Tapi apakah kita menyerah begitu aja? Tentu tidak.

Cobalah buat kelompok belajar, nah di sini saya ingin lebih elaboratif, mulai ajak temen-temen kalian yang dianggap punya misi yang sama, atur jadwalnya mau kapan aja, terus kalau bisa yang jago matematika ya ngajarnya matematika, jago fisika ya ngajarnya fisika, dan seterusnya.

Dan ini yang pernah saya lakuin pas SMA dulu menjelang SBMPTN 2016, buat yang penasaran bisa banget liat playlistnya di YouTube saya, playlist persiapan SBMTPN 2016.

saat itu belajarnya selalu di rumah teman saya, dan syukurnya semua yang ada disitu lolos ujian masuk yang dipengenin semua.

Menurut saya semua tips dan trik yang tersebar diinternet termasuk ini, bisa kalian jadikan referensi untuk proses belajar kalian, tapi yang jelas semuanya hanyalah berupa saran, yang mana kalau kita lakukan belum tentu akan membantu kita sepenuhnya.

Ada kalanya ketika kalian menggunakan tips dan trik tersebut dan ternyata lolos, mungkin kalian bisa menganggapnya itu solusi, namun itu hanya berlaku di diri anda dan beberapa lainnya.

Sedikit wejangan

Akhir kata saya mau ngasih tahu lagi, ubahlah pola pikir kalian tentang UTBK-SBMPTN ini. Jangan kesannya mengakali diri anda supaya lolos UTBK-SBMPTN dengan ikut …. ini itu. Tapi persiapkan diri anda sehingga anda layak masuk perguruan tinggi.

Saya mengibaratkan seperti halnya kondisi pada matematika, UTBK-SBMPTN itu saya anggap sebagai sufficiency condition, artinya setiap orang yang lolos tes tersebut bisa dikatakan berhasil, tapi tidak bukan berarti yang tidak lolos bukanlah orang yang berhasil.

Cukup sekian tulisan yang berdasarkan pengalaman pribadi dan kesannya seperti curhatan saya sendiri. Terima kasih.

Labelpersiapan tespengembangan diritips trik utbkutbk
Lintang Erlangga
Lintang Erlangga

Lintang Erlangga merupakan alumni Teknik Elektro UGM 2016, dan juga mantan anggota Gadjah Mada Robotics Team sebagai perwakilan kampus pada kompetisi robot tingkat regional hingga nasional.