Beberapa Hal Yang Bisa Kalian Dapat Di Kampus

Lintang Erlangga - May 2nd, 2021

Kegiatan penting mahasiswa baru
Kegiatan penting mahasiswa baru.

Cukup menarik diperbincangkan, apa yang harus dilakukan ketika seorang siswa yang baru lulus dari SMA lalu diterima di suatu kampus. Karena dirasa ada yang aneh jika kita hanya monoton sekedar menuntut ilmu, padahal ada hal lain yang gak kalah pentingnya.

Memang dari segi tingkat kesulitan pelajaran yang ditempuh cukup signifikan perbedaannya. Tapi sebenarnya kuliah itu gak cuman duduk di kelas dengerin dosen, mencatat materi, terus pulang kerjain tugas. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan di dunia perkuliahan bro.

Saya gak mengatakan bahwa menuntut ilmu itu gak penting dan bisa diprioritaskan menjadi nomor sekian. Tapi kurang lebih kayak gini, belajar itu nomor satu tapi kegiatan lain selain belajar baik yang non-akademis maupun akademis bukan juga nomor 2, 3, apalagi 4.

Mengapa di awal saya sebut penting, karena ada beberapa hal yang bener-bener tidak bisa kita dapatkan hanya dengan kuliah pulang. Nah emangnya apa aja sih?

Kemampuan soft-skill

Sepintar-pintarnya orang kalau dia gak bisa menyampaikan idenya yang sangat brilian, itu semua akan sia-sia jadinya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan melatih soft-skill. Jadi yang dimaksud soft-skill sendiri itu lebih ke bagaimana kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, bergaul, dan juga bekerja sama.

Dan ini penting, karena suatu maha karya itu perlu adanya kerja sama. Mungkin bisa menjadi pengecualian untuk beberapa orang yang membuat suatu karya secara sendiri, atau one man show. Tapi mayoritasnya, karya-karya manusia yang luar biasa ini merupakan buah dari kerja sama antar manusia.

Elon Musk saja pernah berkata dalam salah satu wawancaranya, saya lupa nama videonya, tapi yang jelas dia bilang kita gak bisa melakukan ini (menciptakan roket) semua tanpa ada manajemen yang bagus. Oke kita gak perlu jauh-jauh ke roket, dalam pengerjaan tugas juga sering banget pengerjaannya dilakukan secara berkelompok. Nah dengan komunikasi yang baik bisa menciptakan suasana yang produktif dan saling bertanggung jawab, dan bisa dicapai dengan melatih soft-skill kalian.

Hal ini tidak hanya membantu kalian mengarungi dunia perkuliahan, contoh Elon Musk sebelumnya juga menunjukkan, kemampuan soft-skill membantu kita survive di dunia kerja nanti.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan ini?

Kegiatan melatih soft-skill
Kegiatan melatih soft-skill

Hard-skill juga bisa di dapat

Fasilitas kampus itu banyak banget, bahkan saking banyaknya kita perlu mengorbankan waktu belajar kita untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut. Ada banyak unit kegiatam mahasiswa atau yang biasa disebut UKM yang bisa kita ikuti untuk meningkatkan hard-skill.

Kalian sudah tahu lah ya kalau yang dimaksud dengan hard-skill pasti berurusan dengan kemampuan kita secara teknis. Contoh aja, untuk Teknik Informatika bisa nambah jago ngodingnya, Teknik Elektro jadi jago desain rangkaian elektronik, Teknik Mesin nambah wawasan untuk mendesain misal seperti robot, pesawat, hingga mobil listrik.

Selain menambah kemampuan teknikal kita, mengikuti beberapa UKM juga membuka peluang untuk berprestasi mewakli kampus. Beberapa UKM di kampus itu sering banget mengikuti lomba, bahka hingga ke luar negeri. Ada lagi nih, selain menambah prestasi, aktivitas-aktivitas kita beserta hasil karyanya bisa juga dijadikan tambahan sebagai portofolio ataupun di CV kalian nanti. Lumayan kan untuk membantu karir kalian juga di masa mendatang, baik yang mau studi lanjut ataupun kerja.

Kenapa penting? Jelas penting, untuk melengkapi kemampuan manajemen yang baik harus juga diikuti dengan sumber daya yang baik juga. Karena pada dasarnya, manajemen yang hebat belumlah cukup untuk menciptakan suatu karya yang hebat juga. Sebab inti dari suatu karya itu selain prosesnya, ada juga yang lain yaitu produknya.

Ini beberapa saran buat kalian

Kegiatan melatih hard-skill
Kegiatan melatih hard-skill

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa kuliah pulang saja buruk, jelas tidak. Karena di beberapa situasi memang ada di antara kita yang memerlukan uang tambahan, atau ada yang sibuk dengan karirnya di luar dunia perkuliahan, dan macam-macam deh pokoknya.

Intinya, tulisan ini bukan membuat suatu paradigma terhadap mahasiswa yang kuliah pulang. Tapi lebih ke bagaimana seorang mahasiswa dapat memanfaatkan keuntungan yang hanya didapat di posisi ini.

Semoga bermanfaat tulisan kali ini, terima kasih.

Labelpengembangan diriperkuliahandunia kampussoft-skillhard-skill
Lintang Erlangga
Lintang Erlangga

Lintang Erlangga merupakan alumni Teknik Elektro UGM 2016, dan juga mantan anggota Gadjah Mada Robotics Team sebagai perwakilan kampus pada kompetisi robot tingkat regional hingga nasional.