Kok Sekarang Pas Udah Mau Lulus, Kampus Gue Bagus Yah?

Ibnu Riski - October 7th, 2021

Kenapa kampus jadi makin bagus
Kampus makin bagus setelah lulus.

Sebagai mahasiwa penting buat tau apa aja yang berhubungan sama dunia akademik. Misal seperti ngisi kartu rencana studi (KRS), apa itu dosen wali, bebas perpus, dan masih banyak lagi. Ngga cuma itu, perlu juga buat punya planning ke depannya biar kalo misal ada peluang kita masih bisa buat tetep proaktif sama ngga ngeganggu kesibukan utama lo sebagai seorang pelajar.

Daftar Isi

Apa Kabar Kuliah Tatap Muka?

Apalagi sebentar lagi kuliah bakal bener-bener tatap muka lagi, tentu lo bakal dapetin suasana baru sama hal-hal yang sebelumnya belum pernah didapet sewaktu menjadi mahasiswa daring. Dengan adanya kuliah tatap muka, harapannya bisa ngebuat lo jadi makin kenal sama kampus tercinta, dan tentunya udah bisa kumpul-kumpul (lagi) sama temen baru kuliah lo.

Nah, pas banget nih di segmen ngampus bareng ISENG, gue bakal share tentang beberapa fasilitas kampus yang perlu lo ketahui sama wajib banget buat dimaksimalin. Kenapa ini penting? Karena faktanya ternyata kuliah itu bentar banget lho. Haha hihi haha hihi tau-tau udah semester 8. Penasaran? Berikut ulasannya:

Fasilitas Kampus itu Buat Apa Sih?

Seperti biasa dan udah menjadi hal yang klasik, setiap mau lulus atau keluar dari suatu sekolah pasti sekolah kita tuh jadi makin bagus. Kadang suka sebel aja gitu kan, kok pas gue udah lulus malah jadi bagus yah. Ngga adil! Entah itu dari segi fasilitasnya maupun sistem dan juga kurikulum yang tersedia.

Kondisi itu sempet gue sama temen-temen gue alamin pas waktu lulus dari SMA sama Kuliah. Sekarang gue mau nanya, apakah lo juga pernah ngalamin hal yang sama? Hayo ngaku aja bro, ga bakal gue marahin juga sih. Terus gue juga ngeliat banyak banget fasilitas yang ternyata bisa banget buat nunjang prestasi baik akademik maupun non-akademik.

1. Gedung Baru Semangat Baru

Setiap tahun kampus bener-bener banyak berbenah terutama buat nyambut para mahasiswa baru seperti lo yang lagi baca artikel ini. Tujuannya adalah untuk membangun kesan yang bagus dan juga rasa kebanggaan pagi para mahasiswanya. Dan yang ngga kalah penting adalah memfasilitasi mahasiswa agar bisa semakin betah di kampus.

Gini, kalo misal mahasiswanya bangga sama kampusnya, tentu ini jadi salah satu keuntungan juga buat si Univ, selain sebagai bentuk branding saat mahasiswa tersebut berbaur dengan lingkungan di sekitar rumahnya. Juga bisa ningkatin ranking maupun capaian akademik kampus lewat prestasi dari mahasiswanya.

Untuk menunjang hal tersebut biasanya kampus juga bakal sering ngadain kerjasama sama beberapa instansi baik itu swasta maupun negeri buat menambah fasilitas barunya. Misalnya aja ada gedung di kampus, dan pas liat lagi ternyata ada logo perusahaan X, bisa jadi itu merupakan salah satu implementasi dari program kerja sama tersebut.

2. Sistem yang Lebih Canggih

Di beberapa fakultas di kampus gue, sering banget gue ngeliat ada fakultas yang fasilitasnya dari ke tahun makin canggih. Misalnya aja sebelumnya itu di dalem gedung ngga ada tangga eskalator, tapi sekarang tangganya udah eskalator. Sebelumnya ngga ada lift, jadi ada lift kan jadi ngga cape kalo harus naik turun tangga.

Kasus lain, kalo dulu pas zaman gue maba absennya itu masih pake tanda-tangan secara langsung. Sekarang justru lebih enak lagi karena koordinator mata kuliah (bisa disebut kormat) udah ga perlu lagi buat ngambil absensi di akademik dan kemahasiswaan, karena semua udah dilakuin secara online.

Mahasiswa tinggal scanbarcode yang di kasih sama dosennya pas waktu sesi kelas. Begitupun dengan tugas, beberapa tugas udah ngga perlu lagi dikumpulin dalam bentuk fisik. Karena udah bisa discan sama tinggal ngirim via email deh. Simpel bukan?

3. Program yang Lebih Banyak

Kalo ini salah satu favorit gue sih waktu masih jadi mahasiswa. Pas waktu awal-awal dulu biasanya gue suka banget tuh nanya-nanya sama kaka tingkat, atau bisa juga berbagi cerita ke temen gue yang lagi kuliah di kampus lain.

Ngga cuma itu, gue juga suka browsing sama cari-cari info lewat internet dan media sosial, kalo lagi gabut di kosan atau pas nunggu sesuatu yang memang harus di tunggu. Hasilnya, ada begitu banyak rekomendasi sama informasi penting yang gue tau dan bisa di coba, baik itu pas maba ataupun ketika udah jadi mahasiswa di semester tua.

Banyak banget sumpah, dari mulai ikut organisasi, lomba, kegiatan volunteer-an, pertukaran pelajar, magang, sampe tawaran beasiswa dan juga pelatihan.

Sedikit Cerita Tentang Kartu Tanda Mahasiswa

Selain identik dengan jas almamater (baca: almet) kita juga sebagai mahasiswa biasanya bakal dapet yang namanya Kartu Tanda Mahasiswa biasa disingkat dengan nama KTM. Sama seperti kartu pelajar, KTM juga jadi cuma berlaku pas lo udah jadi seorang mahasiswa.

Kalo dulu pas jadi pelajar lo bisa naek busway dengan harga pelajar kemana-mana, saat jadi seorang mahasiswa tentu benefit yang bakal lo dapetin bakal jauh lebih banyak dari itu. Berikut beberapa benefit yang bisa lo dapetin sebagai pemegang KTM:

1. Ikutan Kegiatan Perkuliahan sama Praktikum

Saat menjadi mahasiswa hal yang paling seru adalah bisa ngambil mata kuliah yang seru-seru. Apalagi kalo itu adalah jurusan yang memang bener-bener lo pengen, setiap mata kuliah yang lo ikuti akan sangat menyenangkan dan memicu sense of wonder.

Ngga hanya itu, lo juga bisa mengikuti beberapa praktikum yang tentunya bakal berguna banget biar kemampuan practical skill yang lo punya semakin ter-asah yang nantinya bakal dipake di dunia nyata saat memasuki dunia profesional.

2. Akses Perpustakaan sama Pinjem Buku Gratis

Untuk menunjang perkuliahan sama riset yang nantinya bakal lo lakuin pas lagi skripsian di masa akhir kuliah. Mencari dan membaca literatur dari berbagai sumber bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk lo lakukan.

Salah satu sumber literatur tersebut adalah perpus, ya tentu perpus di kampus bakal beda banget sama perpus yang ada di sekolah. Selain referensi yang lebih banyak, ruangan yang luas, juga didukung sama suasana yang cozy.

Nyaman buat baca buku sama diskusi bareng temen. Cukup nunjukin KTM yang lo punya dan voila, lo udah bisa ngakses semua fasilitas yang ada di perpustakaan.

3. Berobat ke Poliklinik

Sering banget kita pas mahasiswa karena saking asiknya atau sibuknya kuliah sama kegiatan, jadi lupa buat jaga kesehatan. Terlebih buat lo yang jadi seorang mahasiswa rantau dan jauh dari orang tua. Kadang kaya kurang perhatian aja gitu haha.

Di jurusan gue bahkan hampir setengahnya adalah seorang mahasiswa rantau, baik itu dari luar kota maupun yang berasal dari luar provinsi atau pulau juga ada. Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri, misalnya buat lo yang lagi ngambil KKI (Kelas Khusus Internasional).

Akibatnya sering begadang buat ngerjain tugas, telat makan, dan kebiasaan lainnya yang cukup ngeganggu kesehatan misalnya kaya ngerokok sama jarang olahraga. Akhirnya mulailah keluar masalah-masalah yang berkaitan sama lambung, tensi darah, insomnia, dan amit-amit beberapa temen gue kadang ada yang sampe masuk rumah sakit (RS) karena memang saking capenya sama kuliah.

Nah, untuk memfasilitasi hal tersebut lo juga bisa manfaatin fasilitas buat berobat ke Poliklinik yang ada di kampus. Berobat ke poliklinik juga ngga harus selalu melulu buat berobat, tapi juga bisa sebagai tindakan prepentif misalnya dengan cara medical checkup dan biasanya gratis atau harganya lebih murah, karena ada subsidi.

4. Mendaftar di Kegiatan Kampus

Kartu Tanda Mahasiswa adalah sebuah simbol buat lo yang memang sedang menyandang status sebagai mahasiswa. Dengan menggunakan kartu tersebut, ada banyak privilege yang bakal lo dapetin salah satunya adalah bisa mendaftar ke berbagai kegiatan kampus.

Mulai dari ikut organisasi misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), karena di salah satu syaratnya mengharuskan lo untuk melampirkan fotokopi atau scan KTM. Selain itu, buat magang maupun Kerja Praktek (KP) juga biasanya bakal jadi berkas yang lu sertain juga di samping curriculum vitae sama cover letter.

5. Jadi Penggaris Di Saat Darurat (Bonus)

Saat ada kebutuhan buat bikin garis yang rapi dan lurus tapi di situ ngga ada penggaris sama sekali. KTM ini bisa lo jadiin sebagai penggaris. Tapi please ini jangan keseringan yah, takutnya nanti malah KTM lu rusak dan jadinya gabisa discan, kan ngga lucu juga.

Disclaimer : Beberapa fasiltas tersebut merupakan salah satu manfaat yang gue dapetin selama dulu menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi di Jawa Tengah. Bisa jadi, di setiap kampus bakal berbeda-beda. 

Mungkin itu dulu sedikit tulisan mengenai kampus yang jadi lebih bagus pas kita udah keluar dari institusi tersebut. Tulisan ini gue tulis sekaligus mewakili unek-unek dari temen-temen gue. Kalo misal ada di antara lo yang mau share tentang fasilitas yang bisa didapetin selama jadi mahasiswa, langsung aja jangan malu-malu buat ngobrol sama gue di comment section di bawah yah. Sekian.

Salam ISENG.
 

Label
Ibnu Riski
Ibnu Riski

Ibnu mengambil studi di S1 Fisika Universitas Diponegoro. Menyukai tantangan dan senang belajar hal baru.

Komentar